LEAN SOFTWARE DEVELOPMENT (LSD)
Di susun oleh
Nama
: Lalu Novalino Roasta Ramadhan (F1D015041)
Reza
Rismawandi (F1D016075)
Kelas
: A
Di era moderen ini perkembangan perangkat lunak
telah sangat pesat. Pengembangan perangkat lunak memiliki metode – metode yang
digunakan dalam pengembangannya agar mempermudah dalam proses pengerjaanya,
salah satu metode yang digunakan adalah Lean Product Development (LPD) .
Berikut merupakan penjelasandari metode Lean Product Development (LPD)
1. GAMBARAN UMUM
“Lean
development adalah paradigma
pengembangan produk ujung ke ujung,
focus pada menciptakan nilai bagi pelanggan, menghilangkan limbah,
mengoptimalkan aliran nilai, memberdayakan orang , dan terus meningkatkan” .
Lean software development berpedoman pada pemahaman lapangan dan
kesesuaian pelaksanaan prinsip lean pada seluruh proses pengembangan software.
2. TAHAPAN METODE
Pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode Lean Product
Development (LPD) memiliki beberapa proses/ siklus seperti yang terlihat
pada gambar 1.
Siklus pengembangan menggunakan Lean Product Development terdiri
dari 7 buah tahapan dimulai dari menentukan nilai yang dimiliki oleh costumer,
identifikasi masalah dan mengeliminasi hal hal yang tidak diperlukan, melakukan
optimalisasi pada nilai yang ada, memberdayakan orang atau tim, membangun
kualitas, medan terakhir terus melakukan peningkatan.
1. Eliminate waste
(mengeliminasi ketidak effisienan)
Dalam software development,
waste adalah sesuatu yang tidak mempengaruhi kualitas koding, mengurangi waktu
dan usaha dalam menghasilkan koding, atau sesuatu yang tidak memberikan nilai
bisnis kepada customer. Dengan kata lain, aktifitas apapun itu yang tidak “ pay
for itself” dalam mengurangi usaha dimanapun didalam system. Tools:
seeing waste, value stream mapping.
2. Amplify learning
(mengamplifikasi pembelajaran)
Untuk para programmer,
mengembangkan sebuah sistem yang memberikan nilai bisnis, mereka harus belajar
banyak hal. Diantaranya berupa teknikal, seperti kelebihan dan kekurangan pada
beberapa pendekatan yang akan dilakukan pada remote communication dalam .net
(contoh: remoting, com+, web services, dll), memahami apa yang
pengguna bisnis benar-benar butuhkan dan apa yang pengembang pikirkan untuk
kebutuhan pengguna.
3. Decide as late as possible (menentukan keterlambatan sebagai hal yang mungkin)
Gagasan itu adalah
menunggu sampai apa yang disebut dengan istilah “the last responsible moment”
untuk membuat sebuah keputusan. Dimana, jika tim tidak membuat keputusan,
keputusan akan dibuat untuk mereka. Manfaatnya adalah untuk menghindari atau
menunda biaya perubahan, yang tidak jelas, yang dapat terjadi jika belum
4. Deliver as fast as possible (mengantarkan secara cepat sebagai hal yang mungkin)
Merupakan hal dasar dari
development berulang. Kebutuhan berubah sebagai sebuah persentase dari
kebutuhan original yang meningkatkan non linear sebagai jumlah waktu yang
meningkat. Secara umum proyek dengan waktu 9-12 bulan memiliki kira-kira 25%
perubahan kebutuhan. Dimana tiap bulannya perubahan kebutuhan dalam rata-rata
hanya 1-2persen. Dan hal ini lebih mudah di setujui.
5. Empower the team (memberdayakan team)
Menguatkan tim. Kualitas
sebuah tim perangkat lunak (faktor manusia) merupakan unsur yang paling penting
dalam keberhasilan dalam menghasilkan sebuah software.
6. Build integrity in (membangun integritas)
Membangun integritas.
Integritas terbagi antara integritas perceived dan integritas konseptual. Integritas
perceived adalah pengalaman pelanggan perangkat lunak dalam menggunakan software
yang dibuat. Integritas konseptual adalah ukuran seberapa baiknya arsitektur
dan komponen sistem yang mengalir bersama-sama mengenai integritas perceived.
Pengujian, satuan dan integrasi, merupakan bagian utama dari integritas.
7. See the whole (melihat secara kesatuan/keseluruhan.)
Pemikiran sistem sudah
ada untuk sementara waktu, tapi respon khas untuk memecahkan masalah adalah
untuk memprosesnya menjadi bagian-bagian penyusunnya dan mengoptimalkan setiap
bagian individu. Ini adalah suboptimisasi, yang mengarah ke “tragedy of the
commons.”
(peeters, 2013)
4. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
a. Kelebihan
• Membantu mempercepat waktu untuk produksi
• Kekuatan tim membantu dalam membuat keputusan antara tim dan memotivasi
tim
• Interaksi antara client dan customer lebih dekat karena customer
harus mengetahui apa yang dibutuhkan dan client akan membuat sesuai
keinginan customer
• Tim dalam projek dapat bekerja sama dan berinteraksi dengan baik
sehingga dapat menghasilkan produk tepat waktu
• Mengeeffisienkan mempercepat proses, menghemat sumberdaya karena
dilakukan dengan mengelimnasi hal yang tidak efisian
b. Kekurangan
• Time limit yang dapat
berubah-ubah akibat adanya hal yang tidak sesuai rencana
• Kebutuhan biaya dapat
membesar apabila semakin banyak perubahan yang dilakukan sebab dalam metode ini
kelebihan waktu menjadi tanggungan client.
5. APLIKASI
Pemakaian
LPD tergantung pada karakteristik organisasi dan proyek yang akan dibangun.
Adapun karakterikstik organisasi yang cocok dalam memakai LPD adalah
manufaktur, product development, supply chain development
dan back-office operation dan karakteristik proyek yang cocok memakai LPD
yaitu pembangunan software yang memakan waktu sedikit namun
produktifitas tinggi dan proyek yang mementingkan kepuasan customer.
(wikipedia, 2016)
6. KESIMPULAN
Lean Product Development
berfokus
pelanggan, mengoptimalkan aliran nilai, memberdayakan orang , dan terus meningkatkan.
LPD berpedoman pada pemahaman lapangan dan kesesuaian
pelaksanaan prinsip lean pada seluruh proses pengembangan software. Tahapan
metode pada LPD ada tujuh diantaranya: eliminate waste, amplify learning,
decide as late as possible, decide as fast as possible, empower the team, build
integrity in, dan see the whole.
REFERENSI
Peeters, s. (2013, dec
5). Applying lean thinking to software development. Retrieved oct 7,
Waters, k. (2010, aug
16). 7 key principles of lean software development. Retrieved oct 8,
Wikipedia. (2016, aug 9).
Lean software development. Retrieved oct friday, 2016, from
wikipedia:
https://en.wikipedia.org/wiki/lean_software_development
No comments:
Post a Comment